Minggu, 21 Desember 2014

Pemrograman API

A.   Pengertian API (Aplication Programing Interface)

            API adalah Kumpulan fungsi-fungsi atau perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system call dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti. 
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
1.  Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call  berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.

2.   Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.

   B.   Youtube API

Youtube merupakan salah satu perusahan Web besar yang menyedikan layanan video streaming. Mulai dari video musik, triler, movie, olahraga dan lebih banyak lagi bahkan tutorial pun ada. Dengan mengakases www.youtube.com user sudah dapat menonton video yang mereka inginkan. Selain itu youtube pun menyediakan layanan upload video. Dimana user dapat mengupload video mereka kedalam situs sehingga dapat di tonton oleh para pengunjung yang lain. Disisi lain youtube pun menyediakan API, sehingga video di youtube dapat diintegrasikan di site yang lain. Dengan adanya API ini user tidak perlu lagi membuka situs youtube
 YouTube API adalah kumpulan fungsi-fungsi yang disediakan oleh pengembang Youtube sehingga memungkinkan konten-konten video YouTube danfungsionalitasnya dapat di integrasikan ke situs web, aplikasi perangkat lunak, atau perangkat lainnya.   Data API memungkinkan kita menggunakan fingsionalitas yang umum ada di website YouTube. Player API memungkinkan kita mengontrol youtube player menggunakan javascript atau actionscript. Untuk pemula dalam hal programming, Youtube menyediakan basic embedded player yang telah menyediakan player control, pengguna hanya perlu menanamkan (embeded) saja di web atau aplikasinya. Untuk yang lebih advance Youtube menyediakan chromeless player, dimana pengguna dapat membuat player controlnya sendiri.

1.    Player API

Player API menyediakan layanan dimana user atau programmer dapat mengontrol video Youtube, mulai dari tampilan sampai bagaimana video tersebut ingin ditampilkan di sitenya. Ada 2 macam player di youtube: Embeded player yang umum digunakan di web-web yang ada yang sudah lengkap dengan control-controlnya. Yang kedua yaitu chromeless playeryang hanya menyediakan box untuk video tanpa control. Keduanya menggunakan API yang sama berbasis javascript dan actionscript

1.1.        Embedded Player

Embeded player adalah player yang paling sederhana di youtube  dimana pengguna hanya perlu menanamkan player yang telah disediakan oleh youtube di sitenya, lengkap beserta control-controlnya. Player ini direkomendasikan untuk yang pertama kali menggunakan API youtube karena lebih sederhana. Karena kesederhanaannya, player ini banyak digunakan di website-website.

1.2.        Chromeless Player

Chromeless player disediakan bagi para programmer yang sudah advance. Player ini hanya menyediakan box video saja tanpa control. Dengan begitu programmer atau user dapat menetukan sendiri controlnya ingin seperti apa.

2.    Data Api

Data API memungkinkan sebuah program dapat memiliki banyak operasi seperti yang ada di website Youtube itu sendiri. Contohnya seperti mencari video, melihat content yang berkaitan. Selain itu, dengan data API sebuah program dapat mengautentikasi user sehingga dapat mengupload video dan menggunakan fitur-fitur user lainnya

     C.   Manfaat dan Pengaruh API Youtube

a. Flexible: Pengguna tidak harus mengakses website youtube secara langsung bahkan pengguna dapat mengaksesnya lewat aplikasi mobile, 

b. Lahan bisnis baru: Dengan adanya API Youtube, banyak para pengembang software berlomba-lomba dalam membangun aplikasi yang langsung terintegrasi dengan youtube, khususnya mobile application. Mulai dari aplikasi yang gratisan sampai berbayar. Berlaku pula bagi para pengembang perangkat mobile berlomba-lomba dalam fitur mobile mereka.

c.     Bagi Perusahan Youtube sendiri, API youtube ini memberikan keuntungan sehingga situs Youtube semakin terkenal dan banyak di akses oleh masyarakat dunia karena tidak hanya dapat dilihat lewat web youtube saja, melainkan bisa lewat situs-situs lain dan aplikasi-aplikasi yang telah terintegrasi langsung dengan youtube.


 penggunaan API pada BBM


penggunaan API pada Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Explore Ilmu - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger